Rabu, 07 Desember 2011

TIK : Sejarah Teknologi Informasi


SEJARAH  TEKNOLOGI  INFORMASI

  1. Masa Pra Sejarah ( s/d 3000 SM )

Pada masa ini teknologi informasi di gunakan sebagai sistem  untuk mengenali bentuk-bentuk dimana bentuk yang ada di sekitar lingkungan di identifikasi dan dipresentasikan dalam berbagai bentuk yang di lukis pada dinding-dinding gua tempat mereka tinggal atau di tebing-tebing bebatuan.    
Cara tersebut dilakukan karena kemampuan berbahasa mereka hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan, yang kemudian berkembang dengan menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat seperti gendang,terompet yang terbuat dari tanduk binatang,isyarat asap sebagai tanda peringatan bahaya dan lain-lain.

  1. Masa Sejarah ( 3000 SM – 1400-an M )

      Pada masa ini teknologi informasi hanya berkembang pada kalangan tertentu seperti kepala suku atau kelompok lain yang digunakan pada upacara atau ritual-ritual khusus.

1. Masa Tahun 3000 SM
       Pada masa ini simbol atau tulisan yang dibentuk dari ‘pictograf’ sebagai huruf mulai dikenal dan di temukan pertama kali oleh bangsa Sumeria. Dimana simbol atau huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang berbeda dalam penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk kata,kalimat dan bahasa.

2. Masa Tahun 2900 SM
        Pada masa ini untuk pertama kalinya bangsa Mesir Kuno mengenal dan menggunakan huruf yang disebut ‘hierogliph’ yang merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. Dimana setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda, bila digabungkan akan mempunyai cara pengucapan dan arti tersendiri.

3. Masa Tahun 500 SM
        Pada masa ini telah terjadi perkembangan media penyimpanan informasi dimana sebelumnya mereka menggunakan lempengan tanah, maka pada masa ini telah berkembang dengan menggunakan serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil. Serat ini lebih kuat dan fleksibel dibanding dengan lempengan tanah, dan penggunakan serat pohon papyrus ini menjadi cikal bakal media yang kita kenal sekarang yaitu media kertas ( papper ). 

4. Masa Tahun 1455
        Pada masa ini untuk pertama kalinya ditemukan mesin cetak berupa plat huruf yang terbuat dari besi,oleh Johann Gutenberg plat tersebut diganti dengan bingkai yang terbuat dari kayu.

5. Masa Tahun 1800-an
        Pada tahun 1830 Augusta Lady Byron bersama Charles Babbage menulis program komputer dengan menggunakan mesin analytical yang didesain agar mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Selanjutnya mesin ini dikenal sebagai komputer digital pertama yang merupakan cikal bakal komputer digital ENIAC I pada 94 tahun kemudian.
       Pada tahun 1837 Samuel Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone menemukan cara untuk mengirim informasi dengan cara telegraph dan bahasa kode morse. Pengiriman informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan, baik pengirim maupun penerima informasi ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir terjadi pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa rintangan atau batas jarak dan waktu.
       Pada tahun 1861 untuk pertama kalinya teknologi informasi dalam bentuk gambar bergerak pada media layar telah berkembang dan mulai digunakan, hal ini merupakan cikal bakal teknologi film sekarang ini.
       Pada tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal. Pada tahun 1877 Alexander Graham Bell mengembangkan telepon dan Edweard Maybridge mengembangkan fotografi dengan kecepatan tinggi. Pada tahun 1899 untuk pertama kalinya telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis.
                                                                                                                                        
            B. Masa Tahun 1900-an
        Pada tahun 1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV (televisi). Dan pada tahun 1940 pada masa perang dunia II pengiriman dan penerimaan dokumen militer disimpan dalam bentuk magnetic tape. Tahun 1945 Vannevar Bush pertama kalinya mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Tahun 1946 ENIAC I yang merupakan computer digital I didunia mulai dikembangkan. Pada tahun 1948 Bell Telephone mengembangkan transistor dan tahun 1957 Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.Teknologi ini memungkinkan pengembangan milyaran transistor dimasukkan ke dalam sebuah keping kecil kristal silikon.
       

1 komentar: